MATA PELAJARAN : Memperbaiki
Sistem Kemudi
KELAS : XI TKR
Berilah
tanda (X) pada jawaban A,B,C,D dan E yang kalian anggap paling benar!
I. PILIHAN GANDA
1.
Fungsi sistem kemudi yang paling tepat di bawah
ini adalah.....
A.
Mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan
roda depan.
B.
Memposisikan sudut belok roda dengan baik.
C.
Menahan gaya yang bekerja pada roda depan.
D.
Sebagai bagian dari sistem suspensi kendaraan.
E.
Menentukan gerakan roda depan dan belakang.
2.
Berikut ini bagian-bagian utama sistem kemudi yang
benar, kecuali......
A.
Steering Column D.
Steering Gear
B.
Steering Linkage E.
Steering Knuckle
C. Steering Wheel
3.
Bila roda kemudi di putar, steering column akan
meneruskan tenaga putarnya ke steering gear. Steering gear memperbesar tenaga
putar ini sehingga menghasilkan.....
A.
Putaran roda yang cukup
B.
Momen yang lebih besar
C.
Momen yang cukup kuat
D. Sudut putar roda yang diinginkan
E. Gaya dorong yang besar
4.
Tipe yang digunakan pada sistem kemudi pada mobil
off road sekarang ini adalah.....
A.
Tipe Tilt D. Tipe Rack
B.
Tipe Telescopic E. Tipe Pinion
C. Tipe Recirculating Ball
5.
Perbedaan antara kemudi tipe rack and pinion dan
tipe bola yang bersirkulasi adalah pada tipe rack and pinion tidak
terdapatnya.....
A.
Steering Column D. Steering Linkage
B.
Steering Wheel E.
Relay rod
C. Steering Gear
6.
Bagian utama sistem kemudi ini merupakan mekanisme
penyerap energi yang menyerap gaya dorong dari pengemudi pada saat terjadinya
tabrakan. Bagian ini disebut......
A.
Steering Column D. Steering Linkage
B.
Steering Wheel E.
Control Valve
C. Steering Gear
7.
Pada steering column, terdapat sistem kontrol
kemudi diantaranya sebagai berikut, kecuali.....
A.
Tilt Steering
B.
Steering Wheel
C. Telescopic Steering
D. Mekanisme Steering Lock
E. Jawaban A,B&D benar
8.
Selain berfungsi mengarahkan roda depan,dalam
waktu bersamaan juga berfungsi sebagai gigi reduksi untuk meningkatkan momen
agar kemudi menjadi ringan. Bagian pada sistem kemudi ini disebut.....
A.
Steering Column D. Steering Linkage
B.
Steering Wheel E.
Tie Rod
C. Steering Gear
9.
Recirculating Ball adalah tipe steering gear yang
banyak digunakan pada mobil......
A.
Penumpang ukuran kecil D. Balap
B.
Penumpang ukuran besar E. Mobil komersil
C. Truk
10.
Pada steering gear tipe rack and pinion, tidak
terdapat komponen yang disebut....
A.
Rack end D.
Worm Shaft
B.
Pinion E.
Rack
C. Jawaban A,B&E benar
11.
Meneruskan tenaga gerak dari steering gear ke roda
depan adalah fungsi dari.....
A.
Steering Wheel D.
Steering Linkage
B.
Steering Column E.
Steering Main Shaft
C.
Steering Gear
12.
Steering linkage untuk suspensi rigid memiliki
komponen yang tidak dimiliki oleh suspensi independen yaitu....
A.
Pitman arm C.
Knuckle arm E. Adjusting tube
B.
Drag link D.
Relay rod
13.
Keuntungan yang dimiliki oleh steering linkage
untuk suspensi independen dibandingkan suspensi rigid adalah, kecuali.....
A.
Keseimbangan roda kiri dan kanan terjaga dengan
baik.
B.
Memungkinkan kerusakan hanya terjadi pada komponen
tertentu saja sehingga tidak berpengaruh kepada komponen yang lain.
C.
Kedua roda terhubung oleh satu poros dengan baik.
D.
Kedua roda bekerja sendiri-sendiri dan tidak
terhubung pada satu poros.
E.
Perpindahan tenaga dari steering wheel sampai roda
bisadengan lembut tersalurkan.
14.
Sistem power steering direncanakan untuk
mengurangi usaha pengemudian bila kendaraan bergerak pada putaran....
A.
Rendah D.
Yang sangat lama
B.
Tinggi E.
Besar
C.
Sedang
15.
Tipe power steering pada kendaraan dibawah ini
yang benar yaitu.....
A.
Tipe rack and pinion D. Tipe recirculating ball
B.
Tipe telescopic E.
Jawaban A&C benar
C.
Tipe integral
16. Pernyataan nama komponen sitem kemudi pada
gambar dibawah ini adalah:
A.
Steerering
wheel (1); Stereering Shaft (2); steering gear box (3); pitman arm (4)
B.
Steerering
wheel (1); Stereering Shaft (2); steering gear box (3); Idle arm (4)
C.
Steering
coloumb (1); Stereering Shaft (2);
steering gear box (3)Idle
arm (4)
D.
Steerering
wheel (1); bracket (2); steering gear box (3); Idle arm
(4)
E.
Steering
coloumb (1); Stereering Shaft (2);
steering gear box (3)steering wheel (4)
17. Untuk mengendalikan arah kendaraan no..;
penghubung dari main steering shaft ke pinion gear no...
A. 2; 4 C.
1; 2 E. 1; 3
B. 3; 4 D.
2; 3
18. Yang sering terjadi keausan/kerusakan pada
gear bok adalah komponen:
A. 7;
3; 5; C. 4; 5; 6 E.
2, 5, 7
B. 1; 2; 3 D.
2; 4; 7
19. Perlakuan pemeriksaan gerak bebas roda
kemudi( steering wheel) sebagai
berikut kecuali:
A. Luruskan roda depan
B. Goyangkan roda kemudi sedikit arah kekiri
dan kekanan
C. Gerak bebas harus tidak melampaui limit 30
mm (10 -15 derajat )
D. Goyangkan roda kemudi sedikit kearah atas
dan kearah bawah.
E. Roda kiri dan kanan mempunyai
gerak bebas yang sama derajat putarnya.
20. Penyebab
gangguan pada steering gear adalah keausan terlalu besar disebabkan oleh kecuali:
A. Steering
knucle aus
B. Sector
gear aus
C. Worm
bearing aus
D. Back
lash pada steering worm dan sector gear terlalu besar
E. Nut
dan steel ball aus
21. Definisi Toe
A. Selisih jarak antara roda depan dan roda
belakang.
B. Perbedaan sudut belok anatara roda kiri dan
kanan bagian depan dengan bagian belakang
jika dilihat dari atas kendaraan.
C. Selisih jarak antara roda depan bagian depan dengan bagian belakang jika dilihat dari atas
kendaraan
D. Roda bagian depan bagian atas mengarah
kedalam
E. Sudut kemiringan roda ke arah
dalam dan keluar
22. Ciri – ciri Toe In (Toe Positif)
adalah sebagai berikut kecuali:
A. Roda bagian depan
kendaraan saling mendekat. A <B.
|
C. Perbedaan A dan B merupakan ukuran toe in
dalam mm.
D. Efek toe-in dapat mengimbangi sudut caster
E. Roda bagian A lebih masuk ke dalam
dibandingkan roda bagian B
23. Kemiringan roda bagian atas ke dalam atau ke
luar terhadap garis vertikal jika dilihat dari depan kendaraan disebut:
A. Caster C. Toe-in E.
Toe-out
B. Camber D.
King Pin
24. Kemiringan sumbu kemudi (king pin) terhadap garis tengah roda vertikal jika dilihat dari samping kendaraan disebut:
A. Caster C. Toe-in E.
Toe-out
B. Camber D.
King Pin
25. Dilihat dari kemiringan roda dari
depan, gambar di bawah ini disebut:
A. Camber positif
B. Camber negatif
C. Steering axis inclination
D. Caster
E. Toe angle
26. Berikut ini bagian dari komponen
steering gear yang perlu diberikan pelumas/gemuk ketika proses pembongkaran dan
perakitan kembali steering gear, kecuali
A. Klem sambungan fleksibel
B. Bantalan peluru
C. Baut kemudi
D. Roda gigi poros sektor
E. Mur peluru kemudi
27. Hal-hal berikut ini yang
seharusnya dilakukan pada praktek pembongkaran steering gear, kecuali...
A. Melepaskan mur pengunci penyetel
poros sektor
B. Mengeluarkan mur baut peluru dari
baut kemudi
C. Mengekuarkan baut penyetel
preload
D. Mengendorkan mur pengunci baut
penyetel bantalan preload
E. Membersihkan semua bagian-bagian
yang di bongkar
28. Berikut ini pengondisian mengenai
pemeriksaan unit baut kemudi yang benar, kecuali...
A. Pemeriksaan meluncurnya mur pada
baut kemudi, dimana mur harus dapat meluncur secara lembut
B. Mur meluncur tidak beraturan,
jika bantalan peluru cacat
C. Bila bantalan peluru dan konis
rusak, unit baut kemudi diganti seluruhnya
D. Mur harus bergerak cepat dan
keras ke arah bagian ujung konis berbentuk spiral
E. Pemeriksaan kondisi gigi mur
kemudi, rusak atau aus.
29. Pemeriksaan poros sektor dibawah
ini yang benar yaitu..
A. Pemeriksaan kedalaman alur roda
gigi sektor
B. Pengukuran celah poros sektor
bagian bawah
C. Pemeriksaan kondisi alur gigi
sektor yang berhubungan dengan pitman, aus atau rusak
D. Pemeriksaan celah baut penyetelan
sektor dengan roda gigi
E. Pemeriksaan keolengan poros
sektor
30. Pengukuran celah baut penyetelan sektor
dengan poros sektor adalah antara:
A. 0,05 – 0,01 mm
B. 0,09 – 0,06 mm
C. 0,5 – 1 mm
D. 0,05 – 0,1 mm
E. 0,05 – 0,5 mm
31.
Gigi kemudi jenis peluru
bersirkulasi ( recirculating ball ) ditunjukkan oleh gambar
32.
Nama komponen nomor 2
pada gambar sistem kemudi berikut ini adalah .........
|
33.
Pada steering column, terdapat sistem kontrol
kemudi diantaranya sebagai berikut, kecuali.....
a.
Tilt Steering
b.
Steering Wheel
c.
Telescopic Steering
d.
Mekanisme Steering Lock
e.
Jawaban A,B&D benar
34. Fungsi dari tie-rod adalah..
a.
Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan
gerakkan putar dirubah menadi gerak
b.
Merupakan tempat poros utama
c.
Menghubungkan
lengan nakel dan batang penghubung
d.
Mencegah masuknya lumpur dan
debu kedalam mekanisme rack
e.
Mengendalikan arah roda depan
melalui lengan penghubung
35.
Fungsi dari batang kemudi adalah..
a.
Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan
gerakkan putar dirubah menadi gerak
b.
Merupakan
tempat poros utama
c.
Menghubungkan lengan nakel dan
batang penghubung
d.
Mencegah masuknya lumpur dan
debu kedalam mekanisme rack
e.
Mengendalikan arah roda depan
melalui lengan penghubung
36.
Fungsi dari roda kemudi adalah..
a.
Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan
gerakkan putar dirubah menadi gerak
b.
Mengendalikan
arah roda depan melalui lengan penghubung
c.
Menghubungkan lengan nakel dan
batang penghubung
d.
Mencegah masuknya lumpur dan
debu kedalam mekanisme rack
e.
Mengendalikan arah roda depan
melalui lengan penghubung
37.
Fungsi dari
sepatu rak adalah..
a.
Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan
gerakkan putar dirubah menadi gerak
b.
Mencegah
masuknya lumpur dan debu kedalam mekanisme rack
c.
Menghubungkan lengan nakel dan
batang penghubung
d.
Mencegah masuknya lumpur dan
debu kedalam mekanisme rack
e.
Mengendalikan arah roda depan
melalui lengan penghubung
38.
Fungsi dari poros intermediate adalah
a.
Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan
gerakkan putar dirubah menadi gerak
b.
Mencegah masuknya lumpur dan
debu kedalam mekanisme rack
c.
Menghubungkan lengan nakel dan
batang penghubung
d.
Mencegah masuknya lumpur dan
debu kedalam mekanisme rack
e.
Menghubungkan
poros utama dan poros pinion
39.
Fungsi dari ball joint suspensi adalah
a.
Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan
gerakkan putar dirubah menadi gerak
b.
Tempat
berputarnya roda-roda depan
c.
Menghubungkan lengan nakel dan
batang penghubung
d.
Mencegah masuknya lumpur dan
debu kedalam mekanisme rack
e.
Menghubungkan poros utama dan
poros pinion
40. Kemiringan sumbu kemudi (king pin) terhadap garis tengah roda vertikal jika dilihat dari samping kendaraan disebut:
a.
Caster
b. Toe-in c.
Toe-out
d.
Camber e. King
Pin
41.
II.
ESSAY
42. Sebutkan komponen-komponen dari
tipe steering linkage untuk suspensi independen: tipe recirculating ball dan
tipe rack and pinion (min 3)!
43. Sebutkan keuntungan-keuntungan
yang diperoleh dari penggunaan sistem kemudi yang menggunakan power steering!
44. Jelaskan tujuan penggunaan feeler gauge pada pemeriksaan steering
gear!
45. Jelaskan fungsi vane pump pada
power steering!
46. Sebutkan nama
komponen a, b, dan c .
|
|
||||
|
||||
kunci jawaban latihan soal
pilihan ganda
1. A 11. 21.
C 31.
2. 12. B 22. 32. C
3. B 13. C 23.
B 33. B
4.C 14. 24. 34.
5. 15. 25.
A 35. B
6. A 16. B 26.
A 36. B
7. 17. 27. 37. B
8. C 18. 28. 38. E
9. 19. D 29.
C 39.
10. D 20. D 30.
D 40. A
II. ESSAY
41. – Tipe recirculating bal : Relay
rod, tie rod, idle arm
– Tipe rack and pinion : Rack
end, tie rod end, rack
42. Keuntungan power steering:
Ø -----------------------
43. Maksud penggunaan feeler gauge:
Ø Memeriksa celah
poros sektor bagian atas dan tutup sektor
Ø Memeriksa celah
baut penyetelan sektor denga poros sektor
44.-------------------------
45. Nama komponen :
a. Rack end
b. Pinion
c. Rack
1 Komentar untuk " "
WynnBET : Situs Slot Online | Casino Online Gambling
WynnBET - Situs Slot Online WynnBet - Situs Slot 바카라사이트 Online WynnBet - Situs Slot Online WynnBet - Situs งานออนไลน์ Slot Online 바카라 사이트 WynnBet - Situs Slot Online WynnBet - Situs Slot Online gri-go.com