Royand. Powered by Blogger.

latihan soal memperbaiki sistem kemudi




MATA PELAJARAN           : Memperbaiki Sistem Kemudi
KELAS                                   : XI TKR

Berilah tanda (X) pada jawaban A,B,C,D dan E yang paling benar!

I.      PILIHAN GANDA


1.         Fungsi sistem kemudi yang paling tepat di bawah ini adalah.....
A.    Mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda depan.
B.    Memposisikan sudut belok roda dengan baik.
C.    Menahan gaya yang bekerja pada roda depan.
D.    Sebagai bagian dari sistem suspensi kendaraan.
E.     Menentukan gerakan roda depan dan belakang.

2.         Berikut ini bagian-bagian utama sistem kemudi yang benar, kecuali......
A.    Steering Column                  D. Steering Gear
B.    Steering Linkage                  E. Steering Knuckle
C.   Steering Wheel

3.         Bila roda kemudi di putar, steering column akan meneruskan tenaga putarnya ke steering gear. Steering gear memperbesar tenaga putar ini sehingga menghasilkan.....
A.    Putaran roda yang cukup 
B.    Momen yang lebih besar  
C.    Momen yang cukup kuat
D.  Sudut putar roda yang  diinginkan  
E.   Gaya dorong yang besar

4.         Tipe yang digunakan pada sistem kemudi pada mobil off road sekarang ini adalah.....
A.    Tipe Tilt                                 D. Tipe Rack
B.    Tipe Telescopic                    E. Tipe Pinion
C.   Tipe Recirculating Ball      

5.         Perbedaan antara kemudi tipe rack and pinion dan tipe bola yang bersirkulasi adalah pada tipe rack and pinion tidak terdapatnya.....
A.    Steering Column                  D. Steering Linkage            
B.    Steering Wheel                     E. Relay rod
C.   Steering Gear

6.         Bagian utama sistem kemudi ini merupakan mekanisme penyerap energi yang menyerap gaya dorong dari pengemudi pada saat terjadinya tabrakan. Bagian ini disebut......
A.    Steering Column                  D. Steering Linkage            
B.    Steering Wheel                     E. Control Valve
C.   Steering Gear       

7.         Pada steering column, terdapat sistem kontrol kemudi diantaranya sebagai berikut, kecuali.....
A.    Tilt Steering                          
B.    Steering Wheel                    
C.  Telescopic Steering
D.  Mekanisme Steering Lock
E.  Jawaban A,B&D benar

8.         Selain berfungsi mengarahkan roda depan,dalam waktu bersamaan juga berfungsi sebagai gigi reduksi untuk meningkatkan momen agar kemudi menjadi ringan. Bagian pada sistem kemudi ini disebut.....
A.    Steering Column                  D. Steering Linkage            
B.    Steering Wheel                     E. Tie Rod
C.  Steering Gear        


9.         Recirculating Ball adalah tipe steering gear yang banyak digunakan pada mobil......
A.    Penumpang ukuran kecil   D. Balap                                               
B.    Penumpang ukuran besar  E. Mobil komersil
C.  Truk

10.      Pada steering gear tipe rack and pinion, tidak terdapat komponen yang disebut....
A.    Rack end                               D. Worm Shaft    
B.    Pinion                                     E. Rack
C.   Jawaban A,B&E benar     

11.    Meneruskan tenaga gerak dari steering gear ke roda depan adalah fungsi dari.....
A.    Steering Wheel                      D. Steering Linkage
B.    Steering Column                  E. Steering Main Shaft
C.    Steering Gear

12.      Steering linkage untuk suspensi rigid memiliki komponen yang tidak dimiliki oleh suspensi independen yaitu....
A.      Pitman arm         C. Knuckle arm                    E. Adjusting tube
B.      Drag link              D. Relay rod

13.      Keuntungan yang dimiliki oleh steering linkage untuk suspensi independen dibandingkan suspensi rigid adalah, kecuali.....
A.      Keseimbangan roda kiri dan kanan terjaga dengan baik.
B.      Memungkinkan kerusakan hanya terjadi pada komponen tertentu saja sehingga tidak berpengaruh kepada komponen yang lain.
C.      Kedua roda terhubung oleh satu poros dengan baik.
D.      Kedua roda bekerja sendiri-sendiri dan tidak terhubung pada satu poros.
E.       Perpindahan tenaga dari steering wheel sampai roda bisadengan lembut tersalurkan.

14.      Sistem power steering direncanakan untuk mengurangi usaha pengemudian bila kendaraan bergerak pada putaran....
A.      Rendah                                D. Yang sangat lama
B.      Tinggi                    E. Besar
C.      Sedang

15.      Tipe power steering pada kendaraan dibawah ini yang benar yaitu.....
A.      Tipe rack and pinion         D. Tipe recirculating ball
B.      Tipe telescopic                    E. Jawaban A&C benar
C.      Tipe integral

16.      Pernyataan nama komponen sitem kemudi pada gambar dibawah ini adalah:


 










Oval: 4Oval: 3                            










A.         Steerering wheel (1); Stereering Shaft (2); steering gear box (3); pitman arm (4)
B.         Steerering wheel (1); Stereering Shaft (2); steering gear box (3); Idle arm (4)
C.         Steering coloumb  (1); Stereering Shaft (2); steering gear box (3)Idle arm (4)
D.         Steerering wheel (1); bracket  (2); steering gear box (3); Idle arm (4)
E.         Steering coloumb  (1); Stereering Shaft (2); steering gear box (3)steering wheel (4)

17.      Untuk mengendalikan arah kendaraan no..; penghubung dari main steering shaft ke pinion gear no...
Oval: 2Oval: 3Oval: 4Oval: 1



A.    2; 4                         C. 1; 2                    E. 1; 3
B.    3; 4                         D. 2; 3
               


18.      Yang sering terjadi keausan/kerusakan pada gear bok adalah komponen:







Oval: 1
Oval: 2
Oval: 33

 


Oval: 5Oval: 4Oval: 6Oval: 7




A.    7;  3; 5;                  C. 4; 5; 6                               E. 2, 5, 7
B.    1; 2; 3                     D. 2; 4; 7





19.      Perlakuan pemeriksaan gerak bebas roda kemudi( steering wheel) sebagai berikut kecuali:
A.    Luruskan roda depan
B.    Goyangkan roda kemudi sedikit arah kekiri dan kekanan
C.    Gerak bebas harus tidak melampaui limit 30 mm (10 -15 derajat )
D.    Goyangkan roda kemudi sedikit kearah atas dan kearah bawah.
E.    Roda kiri dan kanan mempunyai gerak bebas yang sama derajat putarnya.

20.      Penyebab  gangguan pada  steering gear adalah keausan terlalu besar disebabkan oleh kecuali:
A.    Steering knucle aus
B.    Sector gear aus
C.    Worm bearing aus
D.    Back lash pada steering worm dan sector gear terlalu besar
E.    Nut dan steel ball aus



21.      Definisi Toe
A.    Selisih jarak antara roda depan dan roda belakang.
B.    Perbedaan sudut belok anatara roda kiri dan kanan  bagian depan  dengan bagian  belakang jika dilihat dari  atas kendaraan.
C.    Selisih jarak antara roda depan bagian depan  dengan bagian  belakang jika dilihat dari  atas kendaraan
D.    Roda bagian depan bagian atas mengarah kedalam
E.    Sudut kemiringan roda ke arah dalam dan keluar

22.      Ciri – ciri Toe In (Toe Positif) adalah sebagai berikut kecuali:
 


A. Roda bagian depan kendaraan saling mendekat.    A <B.
B
 
B. a merupakan ukuran sudut toe in dalam derajat.
C. Perbedaan A dan B merupakan ukuran toe in
dalam mm.
D. Efek toe-in dapat mengimbangi sudut caster
E. Roda bagian A lebih masuk ke dalam
dibandingkan roda bagian B














23.      Kemiringan roda bagian atas ke dalam atau ke luar terhadap garis  vertikal  jika dilihat dari  depan kendaraan disebut:
A.    Caster                  C. Toe-in                                 E. Toe-out
B.    Camber                  D. King Pin

24.      Kemiringan sumbu kemudi (king pin) terhadap garis tengah roda vertikal  jika dilihat dari samping kendaraan disebut:


A.    Caster                  C. Toe-in                                 E. Toe-out
B.    Camber                  D. King Pin

25.      Dilihat dari kemiringan roda dari depan, gambar di bawah ini disebut:



 
 


A. Camber positif
B. Camber negatif
C. Steering axis inclination
          D. Caster
          E. Toe angle










26.      Berikut ini bagian dari komponen steering gear yang perlu diberikan pelumas/gemuk ketika proses pembongkaran dan perakitan kembali steering gear, kecuali
A.      Klem sambungan fleksibel
B.      Bantalan peluru
C.      Baut kemudi
D.      Roda gigi poros sektor
E.       Mur peluru kemudi

27.      Hal-hal berikut ini yang seharusnya dilakukan pada praktek pembongkaran steering gear, kecuali...
A.      Melepaskan mur pengunci penyetel poros sektor
B.      Mengeluarkan mur baut peluru dari baut kemudi
C.      Mengekuarkan baut penyetel preload
D.      Mengendorkan mur pengunci baut penyetel bantalan preload
E.       Membersihkan semua bagian-bagian yang di bongkar

28.      Berikut ini pengondisian mengenai pemeriksaan unit baut kemudi yang benar, kecuali...
A.      Pemeriksaan meluncurnya mur pada baut kemudi, dimana mur harus dapat meluncur secara lembut
B.      Mur meluncur tidak beraturan, jika bantalan peluru cacat
C.      Bila bantalan peluru dan konis rusak, unit baut kemudi diganti seluruhnya
D.      Mur harus bergerak cepat dan keras ke arah bagian ujung konis berbentuk spiral
E.       Pemeriksaan kondisi gigi mur kemudi, rusak atau aus.

29.      Pemeriksaan poros sektor dibawah ini yang benar yaitu..
A.      Pemeriksaan kedalaman alur roda gigi sektor
B.      Pengukuran celah poros sektor bagian bawah
C.      Pemeriksaan kondisi alur gigi sektor yang berhubungan dengan pitman, aus atau rusak
D.      Pemeriksaan celah baut penyetelan sektor dengan roda gigi
E.       Pemeriksaan keolengan poros sektor

30.      Pengukuran celah baut penyetelan sektor dengan poros sektor adalah antara:
A.      0,05 – 0,01 mm
B.      0,09 – 0,06 mm
C.      0,5 – 1 mm
D.      0,05 – 0,1 mm
E.       0,05 – 0,5 mm

31.  Gigi kemudi jenis peluru bersirkulasi ( recirculating ball ) ditunjukkan oleh gambar


32.  Nama komponen nomor   2    pada gambar sistem kemudi berikut ini adalah .........

  1. Vane pump
  2. Gear housing
  3. Control valve
  4. Reservoir tank
  5. Power cylinder
 


33.      Pada steering column, terdapat sistem kontrol kemudi diantaranya sebagai berikut, kecuali.....
a.       Tilt Steering                          
b.       Steering Wheel                    
c.        Telescopic Steering
d.       Mekanisme Steering Lock
e.        Jawaban A,B&D benar

34.    Fungsi dari  tie-rod adalah..
a.        Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan gerakkan putar dirubah menadi gerak
b.        Merupakan tempat poros utama
c.        Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung
d.        Mencegah masuknya lumpur dan debu kedalam mekanisme rack
e.        Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung

35.     Fungsi dari  batang kemudi adalah..
a.        Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan gerakkan putar dirubah menadi gerak
b.        Merupakan tempat poros utama
c.        Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung
d.        Mencegah masuknya lumpur dan debu kedalam mekanisme rack
e.        Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung
36.     Fungsi dari roda kemudi adalah..
a.        Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan gerakkan putar dirubah menadi gerak
b.        Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung
c.        Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung
d.        Mencegah masuknya lumpur dan debu kedalam mekanisme rack
e.        Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung

37.     Fungsi dari sepatu rak adalah..
a.        Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan gerakkan putar dirubah menadi gerak
b.        Mencegah masuknya lumpur dan debu kedalam mekanisme rack
c.        Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung
d.        Mencegah masuknya lumpur dan debu kedalam mekanisme rack
e.        Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung



38.     Fungsi dari poros intermediate adalah
a.        Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan gerakkan putar dirubah menadi gerak
b.        Mencegah masuknya lumpur dan debu kedalam mekanisme rack
c.        Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung
d.        Mencegah masuknya lumpur dan debu kedalam mekanisme rack
e.        Menghubungkan poros utama dan poros pinion

39.     Fungsi dari ball joint suspensi adalah

a.        Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan gerakkan putar dirubah menadi gerak
b.        Tempat berputarnya roda-roda depan
c.        Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung
d.        Mencegah masuknya lumpur dan debu kedalam mekanisme rack
e.        Menghubungkan poros utama dan poros pinion
40.      Kemiringan sumbu kemudi (king pin) terhadap garis tengah roda vertikal  jika dilihat dari samping kendaraan disebut:


a.       Caster                  b. Toe-in                              c. Toe-out
d.       Camber                              e.  King Pin
41.      


II.        ESSAY
42.      Sebutkan komponen-komponen dari tipe steering linkage untuk suspensi independen: tipe recirculating ball dan tipe rack and pinion (min 3)!
43.      Sebutkan keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari penggunaan sistem kemudi yang menggunakan power steering!
44.      Jelaskan tujuan penggunaan feeler gauge pada pemeriksaan steering gear!
45.      Jelaskan fungsi vane pump pada power steering!
46.      Sebutkan nama komponen a, b, dan c .

a
 







c
 

b
 

 

















KUNCI JAWABAN SISTEM KEMUDI

I. PILIHAN GANDA
1. A                         11.                       21. C                      31.
2.                          12. B                      22. D                      32.
3.B                         13.                       23. B                      33.
4.                          14. A                      24.                       34.
5. E                         15.                        25.                       35.
6.                          16. B                      26. A                      36.
7.                          17.                       27. B                      37. B
8.                          18. A                      28.                      38. E
9. E                         19. D                      29.                       39. B
10. D                      20. D                      30.                       40. A

II. ESSAY
41.  – Tipe recirculating bal : Relay rod, tie rod, idle arm
       – Tipe rack and pinion : Rack end, tie rod end, rack
42. Keuntungan power steering:
Ø  
43. Maksud penggunaan feeler gauge:
Ø  Memeriksa celah poros sektor bagian atas dan tutup sektor
Ø  Memeriksa celah baut penyetelan sektor denga poros sektor
44. 
45. Nama komponen :
a. Rack end
b. Pinion
c. Rack
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "latihan soal memperbaiki sistem kemudi"

Saya boleh minta softcopynya gan?

kunci jawabannya ko' gak lengkap gan?

 
Copyright © 2015 dotSHARE - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top